Mengelola Database Eksternal Menggunakan Excel

gambar produk 1
Rp.42.800 Rp.36.500
Excel dikenal sebagai aplikasi pengolah data paling banyak digunakan di Indonesia, bahkan dunia. Excel menjadi populer karena menyediakan banyak fitur andal untuk mengelola database dengan mudah, cepat, dan akurat. Namun demikian, Excel tidak secara khusus digunakan untuk membuat database. Excel memiliki keterbatasan ruang penyimpanan data, sehingga terkadang membutuhkan data dari aplikasi lain, yang memang secara khusus digunakan untuk membuat database.
File database dari aplikasi lain (database eksternal) umumnya tidak berformat standar Excel, XLS atau XLSX. Excel sebenarnya dapat membuka dan membaca banyak format file database yang terdaftar pada kotak dialog Open. Namun, kebutuhan data dari sumber database yang tetap dengan isi data yang berubah-ubah (dinamis) karena adanya penambahan, pengeditan, atau perubahan record data, tidak dapat dipenuhi dengan cara membuka file atau mengimpor file database dari aplikasi lain.
Excel mempunyai kemampuan mengakses dan mengelola database eksternal. Database eksternal dapat berasal dari workbook Excel, website, atau database pihak ketiga, misalnya file teks dan Access. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat mengelola database eksternal menggunakan Excel tanpa harus mengetik ulang data-data yang ada dalam database. Meskipun disusun menggunakan Excel 2010, buku ini juga dapat dimanfaatkan oleh pengguna Excel 2007.